AKADEMIK SMA Al Qur'an
Terpadu

media
/assets/blog/sambutan-sma.png
Kepala Sekolah SMAQT Al Qur’an Terpadu Al Hamidiyah
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Bismillahirrohmanirrohim,


Alhamdulillahirobbilalamiin, puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Illahi Rabbi, Rabb semesta alam yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kita senantiasa diberikan kesempatan dalam rangka thalabul ilmi untuk mengharapkan Fadhol dari Allah Swt. Aamiin.

Tak lupa semoga Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, kepada keluarganya, sahabatnya, yang menjadi suri tauladan bagi seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Pada era global dan pesatnya teknologi informasi, tidak dipungkiri bahwa keberadaan sebuah website di dunia pendidikan sangatlah penting. Wahana website dapat digunakan sebagai media penyebarluasan informasi sekaligus sarana promosi sekolah yang cukup efektif. Berbagai kegiatan positif sekolah dapat diunggah yang disertai gambar-gambar yang relevan sehingga masyarakat luas dapat mengetahui sejumlah prestasi yang telah berhasil diraih oleh SMA Al Quran Terpadu Al Hamidiyah.

SMA Al Quran Terpadu Al Hamidiyah merupakan satuan lembaga pendidikan yang berkonsetrasi pada keilmuan sains yang terintegrasi dengan ayat- ayat Al Quran. Penjurusan MIPA di kelas 11 merupakan upaya kami untuk menghantarkan peserta didik mampu bersaing secara nasional dan international sebagai studi lanjut di kampus impian peserta didik. Penambahan materi bahasa yaitu Muhadasah dan Conversation serta pembiasaan berbahasa Inggris dan Arab sebagai penunjang kelas International Undergraduate Program (IUP). Pembelajaran telah difasilitasi AC dan Smart TV sebagai penunjang pendidik dalam memberikan keilmuannya kepada peserta didik dan memberikan rasa nyaman saat belajar di kelas. Semua ini adalah bentuk iktiyar kami untuk menjalankan amanah dari Bapak dan Ibu Wali Santri yang telah mempercayakan putrinya di sekolah kami. Selain itu, bertujuan untuk membentuk generasi muda sholihah, unggul dalam IMTAQ dan IPTEK, terampil dan berakhlak Qurani.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga website ini bermanfaat dan dapat menyebarkan banyak kebaikan serta menjadi wadah informatif kegiatan sekolah. Harapan kami ke depan SMA Al Quran Terpadu Al Hamidiyah lebih baik dan professional dalam memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi seluruh peserta didik dan orang tua. Semoga Allah memberikan kami hati yang istiqomah dalam mendidik dan berkhimat pada Al Quran dan Ilmu.

Wallahul Muwaffiq ila Aqwamit Tharieq, Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Pati, Kepala Sekolah SMAQT Al Qur’an Terpadu Al Hamidiyah
Elok Arina Yunita, S.Pd. S.Hum., M.Pd
Kurikulum SMA Al Qur’an
Al Hamidiyah
Kurikulum Nasional
Kurikulum ini merujuk pada standar isi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kurikulum yang diberlakukan selalu mengikuti perkembangan kurikulum yang ada, yakni Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka ini bertujuan untuk melatih kemerdekaan dalam berpikir para peserta didik. Dalam proses belajar, materi ajar diintegrasikan dengan konsep dan nilai-nilai Islam serta mengaitkan materi pembelajaran dengan ayat Al-Qur’an sehingga peserta didik semakin menyadari keagungan Allah Swt. Selain itu, kurikulum ini dirancang untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, kreatif, dan inovatif sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik sesuai dengan bakat dan minatnya.

Kurikulum Muatan Lokal Yayasan Al Hamidiyah
Peserta didik SMA Al Quran Terpadu Al Hamidiyah merupakan peserta didik yang wajib menjalani pendidikan di asrama dan wajib mengikuti program Tahfidh. Untuk menunjang program tahfidh tersebut, peserta didik menerima muatan mata pelajaran diniyah, seperti Tafsir dan Tajwid. Selain itu, terdapat muatan pelajaran yang berfokus pada penguatan aqidah, akhlak, pemahaman ilmu fiqih, dan amalan ibadah harian. Peserta didik diberikan pembinaan dalam bentuk forum di kelas, kajian umum (seminar), forum diskusi kelompok, dan praktik ibadah harian.

Kurikulum Bahasa
Program Bahasa ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dan bahasa Arab peserta didik. Penerapan kurikulum Bahasa ini dimasukkan ke dalam kelas melalui mata pelajaran conversation dan muhadatsah. Selain masuk dalam kurikulum, terdapat program morning class dan pembiasaan berbahasa di lingkungan sekolah maupun pondok. Dengan ini peserta didik diharapkan mampu menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab baik dalam interaksi harian maupun keperluan pembelajaran dan pencarian informasi global.
Program Literasi SMA Al Qur’an Terpadu
Al Hamidiyah
Literasi umumnya diartikan sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, dan memahami informasi dalam berbagai bentuk. Namun, konsep literasi tidak hanya terbatas pada kemampuan dasar tersebut. Dalam konteks yang lebih luas, literasi mencakup kemampuan untuk berpikir kritis, menganalisis informasi, serta menggunakan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Literasi dapat dibagi menjadi berbagai jenis, seperti literasi membaca, literasi sains, literasi digital, dan literasi finansial, yang semuanya berkontribusi pada pengembangan kompetensi individu.

Literasi pada jenjang SMA menjadi sangat penting dikarenakan beberapa hal, sebagai berikut.
  1. 1. Persiapan untuk memasuki jenjang perguruan tinggi.
  2. 2. Mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif.
  3. 3. Kesiapan untuk memasuki dunia kerja.
  4. 4. Mendorong kemandirian dan tanggungjawab sosial.
  5. 5. Menumbuhkan minat baca dan pembelajaran sepanjang hayat.

Oleh karena pentingnya literasi tersebut, SMA Al Qur’an Terpadu Al Hamidiyah menjadikan literasi sebagai salah satu program yang harus diikuti peserta didik. Program ini dilaksanakan secara terjadwal dan terbimbing. Terdapat tiga jenis literasi yang diterapkan di SMA Al Qur’an Terpadu Al Hamidiyah yaitu: literasi buku, literasi e-journal, dan literasi wawasan nusantara.

Literasi buku merupakan literasi membaca berbagai jenis buku yang ada di perpustakaan sekolah. Sedangkan literasi e-journal bertempat di laboratorium komputer, yang mana kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, tetapi juga menuntut peserta didik untuk dapat mencari dan mengakses bermacam-macam e-journal penelitian. Dengan membaca berbagai macam e-journal penelitian tersebut diharapkan peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menumbuhkan rasa keingintahuan mereka terhadap berbagai hal.

Jenis literasi yang ketiga adalah literasi wawasan nusantara. Berbeda dengan kedua literasi sebelumnya, literasi ini berupa menonton dan mengamati video yang ditayangkan oleh ustazah terkait wawasan nusantara, seperti keberagaman suku yang ada di Indonesia, kekayaan alam, keberagaman adat istiadat, dan sebagainya.

Kegiatan literasi ini diakhiri dengan menulis laporan dari buku yang telah dibaca atau video yang telah ditonton peserta didik. Laporan ditulis di buku khusus yang telah disediakan oleh sekolah, kemudian akan dibaca satu per satu oleh ustazah yang bertanggungjawab pada kegiatan tersebut dan diberi penilaian.