Single Post

Tingkatkan Rasa Cinta Kepada Rasulullah : Ponpes Tahfidh Al Hamidiyah Rutin Dibaan Sekali Sepekan

media
media


Pondok Pesantren Tahfidh Al-Hamidiyah menyelenggarakan kegiatan rutinan Diba’an setiap malam Jum’at setelah salat Isya’ yang diikuti oleh seluruh santri di halaman Pondok Pesantren Tahfidh Al-Hamidiyah. Diba’an merupakan salah satu tradisi membaca atau melantunkan selawat kepada Nabi Muhammad Saw. yang dilakukan oleh masyarakat NU di Indonesia. Kitab maulid diba’ merupakan karya Imam Abdurrahman Ad-Diba’i yang berisi tentang puji-pujian kepada Nabi Muhammad Saw. dengan harapan diberi syafaat pada Yaumil Qiyamah kelak.

Pembacaan selawat diba’ di Pondok Pesantren Tahfidh Al Hamidiyah dilakukan secara berkelompok dan diketuai oleh satu orang. Pembacaannya sebagain besar dilantunkan dengan nada yang diawali dengan bertawasul kepada para ulama dan kyai. Selanjutnya, melantunkan selawat nabi kemudian diakhiri dengan doa.


media


Pembacaan Diba’ dilakukan dengan khusyu’ dan khidmat,  terlebih saat melantunkan selawat Mahalul Qiyam. Pembacaan Diba’an ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta dan hormat kepada Nabi Muhammad Saw. Selain itu, pembacaan Diba’an secara rutin dapat menumbuhkan karakter dan mental para santri saat berbaur dengan masyarakat nantinya.